Samstag, 9. November 2013

ATURAN

(hat Keine Beschreibung)
Jerman oooh Jerman...negara ini super duper teratuuuuur banget.. mulai dari lingkungan, transportasi, kesehatan sampai ke penduduknya.. setiap hari dituntut untuk teratur dan tepat waktu, gak ada yang bisa seenaknya..
   Kemarin bela-belain menerobos angin di musim gugur lalu berlari untuk naik tram ke uni. Alhamdulillah gak telat, sampai di uni pun tepat waktu. Tujuan kedatangan saya adalah untuk menemui prof. Stangl. Beliau adalah dosen mata kuliah Ernährungslehre (ilmu gizi). Saya belum lulus modul ini, makanya dengan penuh semangat empat lima diiringi dengan bismillah saya berinisiatif menemui beliau untuk melihat hasil ujian saya yang kemarin. Tik tok tik tok saya masi harus menunggu sekitar 15 menit sampai beliau keluar kelas. Entah kenapa rasanya deg-degan banget kayak mau ujian lisan. Zikir dan doa pun mulai dikumandangkan dalam hati. Cemana ini…tik tok tik tok.. tepat pukul 10.00 beliau keluar dengan bersahaja, cool, elegan serta cantik rupawan. Tanpa basa basi saya yang telah menunggu sedari tadi langsung menyapa beliau..

Saya: siang prof..
P: siang
S: apa anda memiliki sedikit waktu sekarang?
P: saya tidak ada waktu. Sekarang jam saya istirahat. kamu bisa temui saya pada saat “sprechzeiten“ (waktu berbicara)
Saya: kapan prof?
P: semua ada di studip (alias di internet)
Saya: #okesip

   Huaa. Singkat. Padat. Dan Jelas. Pelajaran banget nih buat kedepan kalau ada apa apa cek info di studip dulu yaa T.T perjalanan pulang pergi 1 jam ternyata memakan waktu 1 menit saja saat itu. Tapi gak ada yang perlu disesali. Alhamdulillah masih bisa silaturahim sama beliau. At least dia liat muka saya, saya pun lihat wajahnya dia~
   Diperjalanan pulang saya mikir kenapa orang orang jerman bisa seteratur ini ya.. bahkan waktu sedetik pun berharga banget buat kelangsungan hidup mereka.. mau muka semelas apapun.. waktu tetaplah waktu. Aturan tetaplah aturan bagi mereka. Wow!
  saya jadi teringat kata salah seorang ustadz “hidup di Jerman aja di penuhi banyak aturan, mustahil jika kita hidup di bumi Allah tanpa aturan”. Dan karena itulah islam hadir dengan segala aturannya. Tentu setiap aturan memiliki maksud dan tujuan. Semua aturan dan larangan yang Allah berikan in shaa Allah manfaatnya akan kembali untuk kita.
   Ketika manusia yang membuat aturan kita justru begitu takut jika melanggar, tapi ketika aturan itu datang dari yang memiliki hidup ini, kita malah enggan untuk berbuat. Di saat telat ke kampus kekhawatiran begitu luar biasa, tapi pernahkah kita mengkhawatirkan diri ini ketika telat solat lima waktu? Pernahkah? :’’ kita seringkali menjadwalkan diri ini seminggu sekali untuk ke mall, jalan jalan, nonton dan lain sebagainya. Tapi pernahkah kita menjadwalkan diri ini untuk pergi mengaji? Pernahkah? :’’ entah apa yang kita cari dimuka bumi ini.. kesenangan duniakah atau kampung akhirat yang abadi. astaghfirullah
   Sesalut salutnya saya sama ketaatan orang Jerman, saya jauh lebih salut dengan orang orang yang tetap taat kepada Allah swt didalam kesulitan, yang tetap istiqomah didalam perjuangan, dan mereka yang mampu bertahan dalam berbagai tekanan. Huaaa itu ma shaa Allah banget sii..  

Bagi-Nyalah segala puji di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nyalah segala hukum (penentuan) dan                 hanya kepada Allah swtlah kamu dikembalikan”. (Qs. Al Qashash : 70)

   Disaat kita sudah mengetahui berbagai aturan yang ada, maka jangan relakan diri ini untuk terjerumus pada hukuman dan denda denda yang akan menimpa. Disaat ilmu itu telah datang, hidayah pun telah di depan mata, maka jangan lemparkan diri ini kedalam api neraka. Sesungguhnya aturan selalu ada. Dan pilihan akan kembali kepada kita.
   Semoga kita termasuk orang orang yang menjadikan Alqur’an sebagai pedoman, Rasulullah sebagai teladan, dan Allah swt sebagai tujuan.. aamiin

Berhari raya bermain petasan
Gadis termenung di tembilahan
aturan ada sebagai landasan
agar manusia hidup dalam keharmonisan

gute Nacht *DE* und guten Morgen *ID*

liebe Grüße,
@rizkachab

1 Kommentar:

  1. It's so nice. Tulisannya mengalir sangat dan nikmat untuk dibaca, ya....barangkali lupa tanda baca dan huruf kapitalnya di beberapa tempat. Seperti Allah SWT, Shalat, dll. Heeeee....maaf ya sekedar masukan aja.

    AntwortenLöschen